Home SEO Cara Cek Rangking Website di SERP

Cara Cek Rangking Website di SERP

181
0

Sebenarnya saya agak bingung mau kasih judul apa untuk postingan kali ini. Inti temanya adalah bagaimana cara kita agar dengan mudah melihat dimana posisi sebuah halaman website atau situs pada hasil pencarian di Google (SERP).

Cara Cek Rangking Website di SERP

Mengapa hasil posisi ini penting? Ya jelas dong!. Bagaimana kita bisa meraih posisi di halaman 1 SERP Google jika tidak tahu pada saat ini ada di urutan mana atau halaman mana halaman website kita.

Tujuannya jelas yaitu agar, kita bisa meraih peringkat yang lebih baik syukur-syukur bisa ada di no 1 dan halaman 1 SERp Google. Dari hasil analisa ini kita nantinya bisa melihat seberapa berat persaingan pada keyword yang sedang kita target.

Ok baiklah, mari kita mulai melakukan riset (ah sok gaya riset segala…) biar kelihatan keren gitu loh. Oh ya, artikel ini saya tulis ulang dari sumbernya abimanaseo.

Btw, banyak sekali alat dan software yang bisa digunakan untuk men cek posisi keyword di situs pencari utamanya google. Beberapa diantaranya adalah :

smallseotools.com/keyword-position/
tools.seobook.com/firefox/rank-checker/
cuterank.net/
rankerizer.com
serpweb.com

Namun dari beberapa tools untuk cek ranking web page di google tersebut, saya hanya akan membahas alat bantu dari situs favorite saya yaitu : whatsmyserp.com. Mengapa? ya karena cara pakainya sangat-sangat mudah. Jadi bagi siapapun di jamin bisa deh menggunakan tools ini.

Langkah pertama silahkan kunjungi halaman tools nya pada link : whatsmyserp.com/serpcheck (klik gambar dibawah untuk lihat lebih detil)

Disana ada beberapa kolom yang harus anda isi untuk diketahui rankingnya di serp. Berikut penjelasan singkatnya :

Domain Name : silahkan isi dengan nama domain anda atau nama domain yang hendak anda cek rankingnya
Kolom Region : pilih area tingkat persaingan sesuai kebutuhan, misal anda ingin mengetahui persaingan hanya di Indonesia, maka pilih extensi google.co.id
Nah, enaknya lagi dengan tools ini anda juga bisa sekaligus mengecek posisi pesaing anda dengan sekali klik. Tapi jika tidak pun anda bisa abaikan kolom Domain 1 hingga kolom Domain 3. Nah disitulah anda isi kan data situs pesaing anda.
Pada kolom dibawahnya anda bisa memasukkan beberapa keyword atau kata kunci yang ingin diketahui posisinya. Kolom keyword ini defaultnya disediakan oleh whatsmyserp.com ada 6 baris. Jika kurang bisa klik tombol Add Row dibawahnya
Jika sudah diisi semua option kolom langsung saja CHECK ALL KEYWORDS.

Tunggu beberapa saat whatsmyserp melakukan query atas perintah yang baru anda submit. Tidak terlalu lama maka hasil akan segera disajikan. Dan JRENG terpapar lah posisi kata kunci yang anda riset.

Namun sayangnya hasil yang ditampilkan hanya sebatas 300 top search saja. Jadi jika kebetulan keyword yang anda cari berada jauh di atas 300 kemungkinan tidak akan ditampilkan. Kalau ranking blog kamu masih jelek, tambahi backlinknya supaya ranking semakin bagus. Gunakan jasa backlink pbn ya, jangan jenis backlink yang lain.

Hingga tulisan ini di buat tools ini masih berlaku dengan baik. Dan jika suatu saat anda tidak bisa menggunakan layanan ini coba pakai beberapa tools yang saya list diatas.