Home Bisnis Antara Bisnis Online Murni dan Bisnis Online dengan Konsep Offline

Antara Bisnis Online Murni dan Bisnis Online dengan Konsep Offline

31
0

Antara Bisnis Online Murni dan Bisnis Online dengan Konsep Offline, kedua hal ini saya rasa perlu kita bedakan, perbedaan nya terletak pada produk yang ditawarkan dan cara menjalankan antara keduanya.

Istilah yang saya sebut dengan bisnis online murni adalah bisnis online yang bisa dilakukan secara individu, benar-benar secara individu seperti apa yang tertanam secara umum dalam pikiran kebanyakan orang, seperti kerja dirumah, cukup 2 jam sehari, kerja sampingan, otomatis dll.

Semua pemikiran tentang bisnis online tanpa modal yang bisa dijalankan secara individu tersebut tidak terlepas dari berbagai macam cara orang dalam tekhnis memasarkan sesuatu misalnya melalui salles letter, iklan secara langsung, perbincangan di forum-forum atau melalui artikel-artikel yang dimuat dalam sebuah blog.

Hal-hal tentang bisnis online secara individu dan mengenai tekhnis pemasaran seperti diatas bisa disebut iya bagi mereka yang selalu memanfaatkan peluang dalam celah sekecil apapunĀ  dan akan disebut tidak bagi mereka yang sudah mundur sebelum bertempur

Lalau kemudian apa dan bagaimana yang disebut dengan bisnis online tetapi mempunyai konsep offline ?

Contoh yang paling mudah adalah seperti sebuah perusahaan yang mempunyai produk kemudian dipasarkan melalui media online dan berusaha untuk memaksimalkan pemasaran produk tersebut dengan tekhnik-tekhnik online.

Ada yang memang dimulai dari mempunyai produk offline terlebih dahulu tetapi ada yang memulai dari online terlebih dahulu kemudian memasarkan sebuah produk offline.

Lalu dimana letak perbedaan yang signifikan antara bisnis online murni dengan bisnis online yang mempunyai konsep bisnis offline ?

Perbedaannya terletak pada jenis produk yang ditawarkan antara produk digital/informasi atau sebaliknya kemudian dalam cara menjalankan produk tersebut serta dalam hal pendistribusian.

Produk yang kita tawarkan atau kita jual, jika murni produk digital/informasi saya rasa bisa murni dijalankan secara individu kalaupun membutuhkan beberapa karyawan masih bisa dengan jumlah relatif kecil.

Sedangkan produk yang berupa barang ataupun jasa apalagi dalam jumlah besar dan produk tersebut merupakan produk yang harus dibuat karena sebuah permintaan kemudian kita pasarkan secara online, inilah salah satu yang disebut dengan bisnis online dengan konsep offline.

Apakah perlu kita mengetahui perbedaan diantara keduanya ? tentu sangat perlu, karena dari awal-awal kita sudah bisa membedakan konsep bisnis mana yang akan kita jalani, apakah konsep bisnis online murni dengan bekerja secara individu, dari rumah, otomatis, cukup dengan sekian jam sehari dll atau kita lebih cenderung harus melibatkan banyak orang dan banyak pihak seperti layaknya membangun sebuah bisnis offline.

Konsep yang dipilih tentu terserah Anda, mu bisnis online murni ? atau gabungan antara bisnis online dengan offline ?