Home Fashion Cincin Tunangan vs. Cincin Kawin: Apa Bedanya?

Cincin Tunangan vs. Cincin Kawin: Apa Bedanya?

20
0
Cincin Tunangan vs. Cincin Kawin

Cincin tunangan dan cincin kawin emas ialah lambang loyalitas pasangan untuk jalani jalinan yang lebih serius. Adat kenakan ke-2 cincin ini bahkan juga telah diawali semenjak beberapa ratus tahun kemarin pada jaman Romawi kuno.

Di Indonesia sendiri, adat ini digerakkan oleh sejumlah besar pasangan. Tetapi, tahukah kamu jika cincin pertunangan dan cincin nikah itu tidak sama?

Walaupun sama jadi pertanda ikatan kamu dan pasangan, tapi cincin pertunangan dan cincin pernikahan ialah dua hal yang lain. Inilah tujuh ketidaksamaan yang penting kamu kenali.

Ketidaksamaan khusus dari ke-2 cincin ini ialah waktu saat cincin itu dipakai. Cincin pertunangan umumnya diberi pria saat melamar pasangannya . Maka, cincin ini dipakai saat pasangan sama-sama sudah memiliki komitmen ke tingkatan yang lebih serius, tapi belum masuk tahapan pernikahan.

Sementara, cincin kawin pertama kalinya dipakai saat kamu dan pasangan menyampaikan janji pernikahan, misalkan saat ikrar nikah. Bila cincin pertunangan dipakai saat sebelum menikah, cincin pernikahan akan dipakai demikian kamu dan pasangan sah terlilit pernikahan.

Cincin Berlian Solitaire

Secara adat, cincin pertunangan atau cincin lamaran cuman dipakai wanita. Namun, sekian tahun akhir-akhir ini, beberapa pasangan setuju memakai cincin ini bersama.

Berlainan dengan cincin lamaran, cincin nikah umumnya dipakai wanita dan pria. Sesungguhnya, ini bukan ketentuan baku . Maka, kamu dan pasangan dapat memakainya sama sesuai persetujuan kalian berdua.

Bila kamu ikuti adat, yakni cuman wanita yang kenakan cincin pertunangan, karena itu kamu cukup mempersiapkan satu cincin saja. Beda hal dengan cincin pernikahan yang dipakai ke-2 faksi, hingga kamu harus mempersiapkan sepasang cincin.

Ke-2 cincin ini dipakai di jemari yang lain. Cincin pertunangan umumnya dipakai di jemari manis tangan kiri, sedang cincin nikah di jemari manis tangan kanan. Walau demikian, sebagian orang tidak begitu memusingkan dengan pemakaian cincin ini.

Everlasting Collection

Dari sisi design, dua cincin ini biasanya mempunyai ketidaksamaan. Cincin tunangan umumnya mempunyai design yang lebih menawan. Itu penyebabnya, umumnya cincin ini diperlengkapi dengan batu permata. Salah satunya batu permata yang banyak diputuskan untuk cincin tunangan ialah batu berlian.

Disamping itu, mode cincin tunangan yang terbanyak diputuskan, salah satunya cincin solitaire, cincin three stone, dan cincin halo.

Cincin nikah sendiri umumnya datang dengan design yang lebih minimalis. Ini karena, cincin nikah biasanya dipakai tiap hari, hingga banyak pasangan yang memercayakan kenyamanan saat pilihnya.

Beberapa pasangan pilih design cincin kawin emas tanpa berlian yang simpel. Tetapi, ada pula yang pilih cincin kawin berlian memiliki desain eternity yang menawan, tapi masih tetap nyaman dipakai setiap hari.

Permasalahan harga sudah pasti kembali ke design cincin yang diputuskan kamu dan pasangan. Biasanya, harga cincin tunangan berlian dengan bahan dasar emas diawali dari 3 juta-an. Harga ini makin lebih tinggi bila detail berlian yang kamu tentukan tinggi.

Dalam tentukan detail batu berlian, kamu bisa merujuk pada 4C, yakni cut, colour, clarity, dan carat.

Sementara, harga sepasang cincin kawin perak dengan berlian umumnya sekitar di antara tiga sampai empat juta-an. Lantas, harga sepasang cincin kawin berlian diawali dari tujuh juta-an.

Biasanya, cincin pertunangan cuman akan dipakai pada periode pertunangan sampai pernikahan. Demikian pasangan sah menikah, karena itu cincin pertunangan dapat dilepaskan dan ditukar dengan memakai cincin kawin sepanjang umur.

Tetapi, tahun-tahun ini, trend ring stacking atau menimbun cincin demikian disukai. Itu penyebabnya, banyak pasangan yang menyamakan design cincin pertunangan dan cincin pernikahan supaya bisa ditopangk dan dipakai bertepatan.

Everlasting Collection

Jawabnya, sudah pasti bisa. Pemakaian ke-2 cincin ini hanya sebuah adat dan bukan kewajiban . Maka, kamu dapat pilih beli atau memakai diantaranya saja, terlebih bila kamu ingin mengirit anggaran atau ongkos pernikahan.

Beberapa pasangan yang ingin tekan ongkos pernikahan, umumnya pilih beli cincin pertunangan yang selanjutnya dipakai sebagai cincin nikah. Awalannya, cincin ini akan dipakai pasangan di jemari manis tangan kiri saat bertunangan. Demikian telah menikah, cincin ini akan dipakai di jemari manis tangan kanan.

Cincin tunangan dan cincin kawin memang dibuat untuk maksud yang lain. Tetapi, pemakaian dan penyeleksiannya kembali lagi ke opsi kamu dan pasangan. Bila kamu dan pasangan mencari ke-2 cincin ini, kamu dapat saksikan rujukan berikut ini atau datangi toko perhiasan online Frank & co.