Home Edukasi Cara Membuat Karbon Aktif Yang Praktis dan Mudah

Cara Membuat Karbon Aktif Yang Praktis dan Mudah

165
0
cara membuat karbon aktif

Halo guys, kali ini saya ingin menjelaskan tentang Cara Membuat Karbon Aktif Yang Praktis dan Mudah. Ayo lihat!

Cara Membuat Karbon Aktif Yang Praktis dan Mudah

Karbon aktif atau juga dikenal sebagai arang aktif adalah bahan karbonat amorf yang memiliki luas permukaan besar yang dibangun dengan struktur pori internal melalui proses karbonisasi dan aktivasi. Karbon Aktif mempunyai kandungan 85-95% karbon, yang dihasilkan dari bahan yang memiliki kandungan karbon dengan pemanasan pada suhu tinggi.

Ketika dipanaskan, ia mencoba untuk mencegah kebocoran udara di ruangan yang dipanaskan menjadi bahan yang mengandung karbon yang hanya terkarbonisasi dan tidak teroksidasi.

Karbon aktif berwarna hitam, tidak berbau, tidak berasa dan sangat menyerap. Karbon Aktif mengalami perlakuan khusus selama proses aktivasi baik secara fisik maupun kimia. Aktivasi ini menyebabkan pori-pori pada struktur molekul terbuka lebar sehingga daya serap akan lebih besar untuk menyerap material pada fasa cair dan fasa gas.

Karbon aktif merupakan bahan padat aksial dan merupakan hasil pembakaran bahan yang mengandung karbon melalui proses pirolisis. Beberapa pori masih tertutup oleh hidrokarbon, tar, dan senyawa organik lainnya. Komponen-komponen ini termasuk karbon tetap, abu, air, nitrogen, dan belerang.

Karbon aktif adalah senyawa karbon amorf hidropobik, yaitu molekul karbon aktif cenderung tidak berinteraksi dengan molekul air. Karbon Aktif memiliki densitas dan tingkat kekerasan yang berbeda terhadap tekanan atau gunting tertentu. Perbedaan densitas dan kekerasan karbon aktif sangat bergantung pada bahan baku dan metode aktivasi.

Baca Juga : Mesin Briket Arang Kelapa

Manufaktur Karbon Aktif

Karbon aktif biasanya dibuat dari arang atau batu bata batubara (kelapa). Untuk membuat karbon aktif dapat dilakukan dengan cara membakar bahan karbon aktif dalam ruang tertutup rapat, sehingga hanya proses pirolisis yang terjadi.

Pengolahan bahan menjadi karbon aktif terutama dengan membuka pori-pori arang yang awalnya dengan lebar 2 m2/g menjadi 300-2000 m2/g oleh karena itu disebut arang. Ada 2 cara untuk mengubah arang menjadi karbon aktif yaitu dengan menggunakan reaksi oksidasi lemah menggunakan uap air pada suhu 900-1000 °C atau dengan dehidrasi menggunakan bahan kimia atau garam.

Pembuatan karbon aktif melibatkan tiga proses simultan, yaitu:

Pilihan Bahan Dasar

Karbon aktif dapat dibuat dari berbagai bahan, asalkan bahan tersebut mengandung unsur karbon. Pemilihan bahan dasar yang akan digunakan sebagai karbon aktif harus memenuhi beberapa kriteria yaitu rendahnya unsur anorganik, ketersediaan bahan (murah dan mudah diperoleh), memiliki daya tahan yang baik, dan mudah aktivasi.

Karbonisasi

Karbonisasi atau pembakaran adalah proses pemanasan bahan organik pada suhu tertentu dengan jumlah oksigen yang sangat terbatas, biasanya dilakukan di dalam kiln. Tujuan dari karbonisasi adalah untuk menghilangkan zat-zat yang tidak stabil (unstable Substances) yang ada pada bahan dasar.

Proses ini menghasilkan penguraian senyawa organik yang membentuk struktur bahan menjadi air, uap asam asetat, tar-tar, dan hidrokarbon. Bahan padat yang tersisa setelah karbonisasi adalah karbon berupa arang dengan pori-pori yang sempit. Pada saat karbonisasi ada beberapa tahapan yang meliputi penghilangan air atau dehidrasi, penguapan selulosa, penguapan lignin, dan pemurnian karbon.

Pada suhu hingga 400 °C menghilangkan air, penguapan selulosa, dan penguapan lignin, sedangkan proses pemurnian karbon berlangsung pada suhu 500-800 °C.

Pengaktifan

Aktivasi merupakan bagian dari proses pembuatan karbon aktif yang bertujuan untuk membuka, memperbesar atau memperbesar volume pori dan memperbesar diameter pori-pori yang telah dibuat pada proses karbonisasi. Melalui proses aktivasi, karbon aktif akan mengalami peningkatan energi adsorpsi, karena karbon aktif hasil karbonisasi biasanya masih mengandung zat-zat yang masih menutupi pori-pori permukaan karbon aktif. Pada proses aktivasi karbon aktif akan mengalami perubahan sifat, fisik dan kimia sehingga mempengaruhi daya adsorpsi.

Ya begitulah penjelasan Cara Membuat Karbon Aktif Yang Praktis dan Mudah. cukup itu dari saya dan terima kasih.