Home Edukasi Mengajak Siswa Berpikir

Mengajak Siswa Berpikir

69
0

Mengajar siswa dapat dilakukan oleh semua kalangan. Tidak harus menjadi guru untuk dapat membagikan ilmu. Tentu saja harus dengan catatan orang yang hendak mengajar tadi tahu cara menyampaikan ilmunya dan ilmu yang disampaikan pun bukanlah ilmu terlarang.

Masalahnya, banyak orang yang mengajar hanya sebatas sebisanya saja. Padahal, ada cara meningkatkan kemampuan berpikir siswa yang bisa dilakukan dan dapat mendatangkan lebih banyak manfaat dibandingkan mengajar sekenanya saja. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengajak murid berpikir.

Jangan Hanya Meminta Siswa untuk Menghafal

Menghafal materi adalah hal yang baik tetapi apakah menghafal saja cukup? Bagaimana jika apa yang dihafal oleh para murid tidaklah mereka pahami betul? Salah-salah malah mereka asal menghafalkan apa yang sebenarnya mereka tidak tahu.

Misalkan ada murid yang mengfahal sebuah rumus berbunyi f=m.a. Apakah murid yang menghafal rumus tersebut paham apa itu f dan kenapa f ada di sana? Bagaimana jika murid tadi berjumpa dengan soal yang menuntutnya untuk menemukan nilai a. Apa yang harus dia lakukan?

Karenanya, sekali lagi, menghafal itu baik. Namun, sebatas menghafal tanpa tahu dan paham apa yang dihafalkan rasanya kok kurang.

Ajak Siswa untuk Bertanya

Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah mengajak murid untuk bertanya. Bertanya tentang apa? Bertanya tentang materi yang mereka belum paham adalah salah satunya. Dengan demikian, murid dapat beneran paham materi yang disampaikan dan tidak sekadar menghafal atau menuliskannya di buku tulis saja.

Selain itu, dengan membiasakan murid untuk mempertanyakan hal-hal yang belum mereka pahami juga dapat membantu mengasah daya kritis mereka.

Jangan Marah-marah Jika Tidak Perlu

Hal lain yang patut dipertahikan adalah cara kita menyampaikan materi. Jika dari cara kita menyampaikan materi saja sudah membuat murid malas untuk menyimak, bagaimana mereka dapat terbantu oleh kita dalam memahami materi?

Lebih dari itu, bisa saja si murid ke depannya malah memiliki trauma terhadap materi tertentu disebabkan oleh cara kita mengajar yang ternyata kurang tepat.

Demikian beberapa hal yang patut diperhatikan dalam mengajari murid. Semoga bermanfaat.