Home Uncategorized Cara Menyimpan Buah Yang Sudah Dipotong! Berikut Caranya!

Cara Menyimpan Buah Yang Sudah Dipotong! Berikut Caranya!

67
0

Halo, pada kesempatan kali ini saya akan menunjukkan cara menyimpan buah yang sudah dipotong. Penasaran bagaimana yuk simak!

7 Cara Menyimpan Buah Yang Sudah Dipotong

1. Rendam dalam Air Dingin

Untuk mendapatkan hasil panen yang tetap segar, cara termudah adalah dengan merendamnya dalam air dingin. Air dingin bisa membantu dalam menghentikan proses oksidasi dalam buah. Perubahan warna pada buah terjadi karena udara dapat dicegah dengan air dingin.

Selain itu, perendaman dalam air dingin juga dapat menjaga enzim yang ada di dalam buah sehingga tidak mengubah rasanya. Cara ini menjaga kesegaran buah selama kurang lebih enam jam. Jika Anda menyimpan buah dalam bak air di lemari es, itu bisa bertahan lebih lama.

2. Rendam dengan Air Garam

Cara selanjutnya adalah dengan merendam buah yang sudah dipotong dalam air garam. Rendam selama 3-5 menit lalu cuci buah dengan air bersih.

Setelah itu, Anda bisa memasukkannya ke dalam wadah tertutup dan menyimpan buah-buahan di lemari es. Buah yang dipotong akan tetap segar dan mentah selama beberapa jam.

Yuk Mampir Ke Website Kami : Rumah Mesin

3. Tambahkan Air Jeruk Nipis

Asam sitrat yang ada dalam jeruk bali dapat mencegah proses oksidasi pada buah yang dipotong. Air jeruk nipis juga bisa menjaga warna buah agar tetap coklat.

Caranya adalah dengan menuangkan 1-2 sendok makan air perasan jeruk lemon pada buah yang sudah dipotong-potong secara merata. Kemudian, simpan dalam wadah dan masukkan ke dalam lemari es.

Dengan cara ini, buah yang dipotong dapat tetap segar selama 12 jam.

4. Bungkus dengan Plastik

Bungkus plastik juga dapat digunakan untuk menyimpan potongan buah segar. Cara ini begitu mudah, kamu cuman perlu menyimpan buah yang telah dipotong kedalam wadah yang terbuka lalu kemudian ditutup sampai rapat dengan menggunakan plastik wrap.

Dengan cara ini buah yang dipotong akan tetap segar dan tidak akan berubah warna saat dikonsumsi. Jika disimpan di lemari es, buah segar akan bertahan sekitar 12 jam.

5. Bungkus dengan tisu dapur

Handuk kertas dapur juga dapat digunakan untuk menyimpan buah-buahan segar yang telah dipotong. Caranya adalah dengan membungkus buah dalam kertas dapur dan menyimpannya dalam wadah kedap udara.

Baca Juga : Produk Vacuum Sealer

Handuk dapur dapat menyerap kelembapan dan wadah udara dapat mencegah kerusakan. Cara ini bisa Anda lakukan jika ingin berpergian dengan membawa buah potong.

6. Gunakan Cuka & Gula

Campuran cuka dan gula juga bisa digunakan untuk mengawetkan buah yang sudah dicincang. Caranya campurkan cuka dan gula hingga tercampur lalu diteteskan pada buah secara merata.

Setelah itu, simpan buah yang telah dituang dengan campuran cuka dan gula tersebut ke dalam lemari es atau di tempat yang sejuk. Dengan menggunakan cara ini, buah yang dipotong dapat diawetkan selama beberapa hari.

Meski bisa menjaga kesegaran dan warna buah, sayangnya cara ini bisa mengubah rasa buah.

7. Simpan Buah di Freezer

Agar buah yang sudah dipotong tidak membusuk, Anda juga bisa membekukannya. Caranya simpan buah dalam wadah tertutup rapat lalu simpan di freezer.

Anda tidak perlu mencuci sampah sebelum memasukkannya ke dalam freezer. Lakukan cucian saat buah akan dikonsumsi. Jangan lupa perhatikan suhu lemari es, suhu penyimpanan buah 3-7 derajat Celcius.

Suhu yang sangat dingin dapat membuat lemari es menjadi terlalu panas. Sedangkan suhu yang sangat rendah dapat menyebabkan kulit buah menjadi kering.

Itulah beberapa cara menyimpan buah yang sudah dipotong. Ada banyak cara untuk menyimpan buah potong, semoga informasi ini dapat bermanfaat. Terima kasih