Home Bisnis Cara Merawat Plastic Pallet dengan Benar Agar Awet

Cara Merawat Plastic Pallet dengan Benar Agar Awet

27
0
plastic pallet

Plastic pallet bisa memang memiliki tingkat keawetan yang lebih bagus dibandingkan pallet kayu. Namun, jika tidak dirawat dengan tepat, plastic pallet bisa saja rusak dalam waktu singkat setelah pembelian baru.

Jadi, tingkat keawetan plastic pallet tidak saja ditentukan dari karakteristik bahan utama pembuatannya melainkan juga cara menggunakan dan merawatnya. Misalnya, plastic pallet sering dilempar begitu saja saat meletakkannya sehingga mengakibatkan patah atau retak pada bagian tertentu.

Tentunya, hal-hal yang mengakibatkan pallet plastic rusak harus dihindari atau setidaknya diminimalisir. Ini penting agar Anda tidak keluar biaya banyak hanya untuk membeli pallet plastic yang baru.

Cara Merawat Plastic Pallet dengan Benar

Penting bagi Anda untuk mengetahui cara merawat pallet plastik dengan benar agar tingkat keawetannya tinggi. Berikut kami jelaskan selengkapnya:

1. Pilih Plastic Pallet Sesuai Kebutuhan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memiliki plastic pallet sesuai kebutuhan. Ya, ada sejumlah tipe pallet plastik yang memiliki karakteristik berbeda satu sama lain sehingga Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Misalnya, Anda membutuhkan pallet plastik yang dapat ditimpa beban berat, maka pilihlah yang berjenis heavy duty. Sementara jika kebutuhan pallet Anda untuk menahan beban ringan, pilihlah yang berbahan PPC. Dengan begitu, pallet plastik yang Anda dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

2. Simpan Pallet Plastik Saat Tidak Digunakan

Anda harus menyimpan pallet plastik yang tidak digunakan. Adapun tempat penyimpanan yang terbaik yakni di tempat yang teduh.

Ya, pastikan Anda menyimpan pallet plastik di tempat yang tidak terkena panas matahari maupun hujan. Memang, jenis pallet ini didesain tahan terhadap berbagai cuaca. Namun, jikalau Anda menyimpan pallet plastik di luar ruangan yang panas dan terkena hujan, lama-kelamaan bisa menjadi lapuk.

Sebagai tips, Anda bisa menyimpan pallet plastik dengan rapi secara vertikal. Sebab, pada umumnya pallet plastik didesain dapat disimpan secara vertikal saat tidak digunakan.

3. Beri Pelatihan untuk Karyawan Gudang

Sangat penting untuk memberikan pelatihan kerja kepada karyawan gudang, termasuk operator forklift. Pelatihan yang diberikan, tentunya, berkaitan dengan aktivitas pergudangan, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan pallet plastik.

Sampaikan cara tepat dalam penggunaan pallet plastik berikut cara menyimpannya. Tekankan juga keselamatan dalam bekerja dan pentingnya menghindari kerusakan pallet maupun barang lainnya.

4. Cari Operator Forklift Berlisensi

Jika industri atau perusahaan Anda memiliki forklift, maka Anda harus mencari operator yang dapat mengoperasikannya. Kami merekomendasikan Anda mencari dan mempekerjakan operator forklift yang memiliki lisensi. Mengingat, operator yang sudah berlisensi dipastikan mampu mengoperasikan forklift dengan benar.

Dengan begitu, tingkat keselamatan kerja maupun kerusakan pallet plastik dan barang-barang lainnya dapat terminimalisir, bahkan dicegah. Sehingga, hal-hal yang tidak diinginkan itu tidak akan terjadi.

5. Sebaiknya Pilih Pallet yang Didesain Sesuai Garpu Forklift

Di atas telah kami jelaskan pentingnya memilih plastic pallet sesuai kebutuhan. Selain itu, Anda juga sebaiknya memilih pallet yang didesain tepi lubang miring untuk tempat masuk garpu forklift.

Dengan begitu, garpu forklift dapat masuk dengan sempurna pada lubang yang telah ada. Sehingga, pallet plastic tidak akan mengalami rusak karena desainnya sudah disesuaikan dengan garpu forklift.

Itulah cara merawat plastic pallet dengan benar. Anda perlu mengikuti cara yang kami jelaskan di atas agar pallet plastik selalu dalam keadaan baik untuk jangka panjang. Hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kerusakan atau retak pada bagian tertentu pun dapat diminimalisir.