Home Property Tips dan Trik Tumbuh Cepat Tanaman Lidah Mertua

Tips dan Trik Tumbuh Cepat Tanaman Lidah Mertua

11
0

Popularitas tanaman lidah mertua sepertinya tidak pernah surut di Indonesia. Tentu saja tanaman ini mudah dirawat, tahan terhadap iklim tropis dan mampu menyerap polusi udara. Tanaman yang termasuk dalam kategori sukulen ini juga berwarna hijau dan bentuknya yang indah.

Meski dikatakan tangguh, namun harus dirawat agar tanaman lidah mertua bisa tumbuh subur dan cantik. Yuk, ikuti enam cara merawat ibu mertua. Tanaman lidah dengan Kania!

 

Sinar matahari yang cukup

Tanaman lidah mertua atau sansevieria dapat hidup di dalam ruangan tetapi tetap membutuhkan sinar matahari untuk bertahan hidup. Anda bisa memberikan sinar matahari yang cukup. Artinya tanaman lidah mertua tidak harus dijemur, karena bisa “terbakar”. Jika anda membutuhkann pot ata inteerior lainnya silahkan cek kusen aluminium malang.

Tanaman ini paling baik ditempatkan di dekat jendela atau di luar kanopi. Jika Anda memutuskan untuk memelihara tanaman ini sebagai tanaman hias, menyiramnya setiap hari adalah ide yang bagus.

 

Penyiraman secara teratur

Salah satu rahasia yang memungkinkan lidah mertua bertahan di iklim panas adalah adanya cadangan air yang akan membusuk dan mati. Frekuensi penyiraman yang benar adalah dua kali seminggu. Saat menyiram, usahakan agar media tanam tidak meluap.

 

Menggunakan pupuk organik

Seperti tanaman pada umumnya, lidah mertua membutuhkan pupuk untuk tumbuh subur. Pupuk yang bagus bagi tanaman adalah pupuk organik. Pupuk organik membutuhkan waktu lebih lama untuk terurai dibandingkan dengan pupuk cair. Perkebunan tidak basah, yang dapat menyebabkan tanaman membusuk. Tetapi jika anda lebih suka menggunakan yang cair ada dapat menyesuikan takarannya dan hanya di berikan satu bulan sekali untuk hasil yang baik.

 

Menghilangkan Gulma dan Hama

Gulma dan hama merupakan salah satu faktor yang memperhambat pertumbuhan tanaman. Karena itu, Anda perlu menghilangkan hama dan gulma secara teratur. Tarik gulma seperti rumput hingga ke akarnya. Jika perlu, semprotkan gulma dan pestisida untuk pencegahan, alternatif lain adalah membersihkan pot dan menyediakan media tanam baru.Kondisi bersih membuat lidah mertua semakin subur.

 

Memilih media dan pot yang tepat

Masalah yang sering kali dihadapi tanaman lidah mertua adalah akar mudah busuk karena kelebihan air. Oleh karena itu, media yang digunakan harus cepat menyerap air. Beberapa media tanam yang cocok adalah sekam bakar, pasir tanpa lemak, dan pakis.

Selain media nutrisi, perhatikan tanaman pot untuk lidah mertua. Pot yang baik adalah pot yang bagian bawahnya berlubang. Kelebihan air juga bisa mengalir dan kelembaban di akar dipertahankan.

 

Pemangkasan secara teratur

 

Jika batang tanaman lidah mertua mulai membusuk, pangkas bagian tersebut. Tujuannya agar penguraian tidak menyebar ke bagian lain. Pemangkasan juga diperlukan jika batang lidah mertua terlalu panjang untuk keluar dari pot. Jika batang yang panjang masih sehat, dapat ditanam kembali di media tanam dan di pot baru. Tangani stek sampai tumbuh dan berkembang.

Begini cara memperbanyak koleksi tanaman lidah mertua!

Tanaman lidah mertua yang subur akan terlihat cantik untuk menghiasi rumah kesayangan Anda.

Semoga sukses selalu dalam menggunakan enam cara merawat lidah mertua, ya!Jika anda membutuhkann pot ata inteerior lainnya silahkan cek kusen aluminium di malang.